January 13 2015

Footstep Underbone, Penampilan Yang Gak Sebanding Dengan Kenyamanan

Biker sejati mana yang gak tau sama yang namanya Footstep underbone (UB) ? Bisa dibilang siapapun biker yang ingin tampilan motornya tambah cakep bin keren, kudu en wajib mengadopsi sistem operan gigi aftermarket yang terkenal nyentrik ini. Footstep underbone sendiri memang bisa dibilang merupakan salah satu nilai lebih dari sebuah motor sport / motor balap, dengan menggunakan model footstep seperti ini di harapkan tongkrongan kaki dan posisi duduk pebalap akan lebih nunduk nyaman dan aman saat akan melakukan aksi nikung knee down, karena memang bukan rahasia lagi jika yang namanya Footstep UB mempunyai bobot yang ringan,bentuk yang simple dengan sistem chop yang lebih advance ketimbang futstep konvensional.

7001715_2d92a080-d6b7-11e4-b697-54ea4908a8c2

Maka bisa dibilang penggunaan futstep UB ini sendiri memang sangat cocok di gunakan untuk keperluan balap, karena memang itulah fungsinya..Lantas bagaimana jika Futstep seperti ini di aplikasikan untuk kegiatan harian?Dua kata yang ane rasain ketika menggunakanny “Gak Nyaman”! Sebenarnya ane udah 2 kali mengaplikasikan futstep UB di 2 motor yang berbeda, yang pertama pada motor supra X lansiran taon 2000, inget banget ane gunain ini futstep pas lagi zaman STM dulu bro , maklum aja saat itu memang bisa dibilang emosi lagi labil..liat barang bagus dikid beli lalu pasang. Kelar di pasang, eh bused kagak enak banget…demi style ane rela ngorbanin copot standar tengah, rela berpegal ria dengan gaya congkelan yang khas bin keras ketika pengen pindah gigi..alhasil seminggu pake tuh UB, jempol kiri ane bengkak, paha pegel dan pinggang nyeri..well di copot juga setelah pemakaian seminggu, alhasil Cuma jadi rongsokan di gudang.

Nah setelah ane pake FU akhirnya ane tergiur lagi untuk menggunakan Futstep UB buad mendongkrak tampilan biar ganteng, memang bisa dibilang UB model sekarang itu keren-keren, berbeda banget sama model jadul yang Cuma di buat dari plat kroman sederhana. UB sekarang itu materialnya full alumunium babet, jadi dari sisi bobot bisa dibilang ringan banget, kuat dan finishingnya juga rapih. Ane boyong tuh UB dengan harga 400rebuan, pemasangan juga mudah karena ane pasang sendiri, walaupun agak njlimet tapi berhasil juga broh! Pemasangan memang mudah tapi yang namanya barang aksesoris ya gak bakal PNP dan nyaman pada saat awal penggunaan, perlu penyempurnaan di beberapa sisi, terutama dari sisi pedal rem yang bisa dibilang “penyakit langganan” futstep underbone! Ane akhirnya berhasil bertahan menggunakan ini futstep sampai beberapa bulan saja di karenakan pada suatu hari ane kecelakaan broh, motor ane di hajar tepat di sebelah kaki kiri dan alhasil futstep ane berhamburan pada saat terjadi crash..yawd ngalah en balik ke standar lagi

5458b-efyouanowner2528742529

Selang beberapa waktu ane kembali menggunakan Footstep underbone karena memang kangen banget sama tongkrongannya ketika riding, namun kali ini UB tersebut udah ane sempurnain..ane perbaiki bagian yang bengkok, dan posisi jalu/steppernya sendiri ane modifikasi dengan menggunakan Jalu BMX ukuran besar, alhasil niy UB jadi Sangar tenan, dan semakin jadi pusat perhatian di jalan..wah pokoknya bangga lah..hahahha.

Sayangnya hal tersebut gak bertahan lama, karena beberapa bulan pemakaian tersebut ane kudu balikin semuanya ke standar lagi karena tuntutan bini, memang untuk urusan boncenger bisa diblilang futstep UB kurang nyaman di karenakan pijakan kaki sang biker kudu geser ke belakang sejajar dengan boncenger, nah hal inilah yang menyebabkan futstep UB ane kudu lengser dan jadi penghuni gudang lagi. Satu hal yang ane rasain dari penggunaan futstep UB ini bisa dibilang cukup repot, beberapa sisi negatif penggunaan UB

9

  • kaki lebih cepat pegal,
  • kenyamanan boncenger terganggu
  • mekanisme Perpindahan gigi congkel / chop lebih keras
  • jarak main pedal Pengereman terbatas, akibatnya rem gak pakem karena kurang tekanan
  • tendangan balik pedal rem harus di akalin
  • antara UB kiri dan kanan gak sejajar malah kasusnya terkadang miring

Sisi positif nya Cuma 1 : Motor keliatan lebih ganteng dan nyentrik karena warna nya yang blink blink

Nah dari kesimpulan di atas bisa dibilang penggunaan Footstep underbone lebih banyak mudorotnya ketimbang manfaatnya, tapi jika anda termasuk orang yang tahan terhadap siksaan dan ketidak nyamanan karena tuntutan style, wes monggo deh di pasang. Kalau ane siy Udah cukup karena emang standar lebih nikmat 😀

 


Tags: ,
Copyright 2017 By WRDBLOG. All rights reserved.

Posted January 13, 2015 by wardiliciouz in category "Sharing

2 COMMENTS :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *