September 7 2017

Knalpot Racing Itu Merugikan? Jika iya lebih baik di copot aja

Knalpot Racing

Ngomongin soal knalpot racing / knalpot freeflow..itu sama aja ngomongin masa lalu..why?? karena masa sekarang dimana riding hanya untuk santai dan safety lebih penting. Ya wrdblog semenjak kali pake knalpot racing saat masih duduk di bangku sekolah kelas 2 STM. Jiwa mudah lagi panas-panasnya, Cuma bermodalkan tunggangan honda supra x 1st Gen, rasa-rasanya udah kayak naek motor balap ajah. Ya faktor penggunaan knalpot balap pada kala itu bisa dibilang lagi ngetrend banget.

Knalpot racing si FU

Mahfum saja karena pada saat itu gak ada tuh yang namanya aturan decibel dan regulator penjualan knalpot oem di pasaran. Efeknya? Bisa di bayangkan jalanan di Jakarta benar-benar polusi udara dan suara, dan raungan knalpot racing dari sepeda motor menyumbang polusi suara paling besar.

Setelah beberapa kali ganti motor, ane tetap setia dengan penggunaan knalpot racing, hingga pada suatu ketika memiliki FU, kebiasaan ini pun benar-benar ane salurkan. Di FU penggunaan knalpot racing sudah merupakan barang wajib yang gak bisa lagi di tawar ganbro. Dari sisi tampilan dan performa tentu saja nilai tambahnya akan terdongkrak naik.

Kurang lebih 8 tahun menggunakan aneka jenis tipe dan merk knalpot racing pada FU, ane memutuskan untuk gantung knalpot dan kembali ke standar. Alasan paling mendasar saat itu adalah soal Kenyamanan, jujur aja ketika memiliki anak pertama, dan riding pake FU dengan knalpot racing..ane ngerasa cukup kesian ganbro..terlebih lagi ketika ane pulang kerja dan mendekati pintu rumah, suara knalpot racing yang ngebass dan ngegelegar gak bisa di kompromikan lagi.

knalpot racing bobokan
Coba resapi sendiri suaranya ketika di blayer

Alhasil ane beripikir hal ini Cuma menimbulkan mudharat dan suuzon dari tetangga sekitaran rumah. Terlebih lagi sama anak ane sendiri yang waktu itu usia nya masih hitungan bulan, jadi daripada membuat kenyamanan dan ketentraman terganggu..ane ngalah dah

Setelah berpikir panjang dan menimbang-nimbang..yasudahlah penggunaan knalpot racing ane hentikan..gak lama ane langsung copot itu knalpot dan masuk daftar jual. Ya itulah sedikit pengalaman ane selama kurang lebih 10 tahunan menggunakan knalpot resing dengan motor yang berbeda-beda .

Dan sekarang kalo ada orang yang ngomongin pakai knalpot bobokan / racing , ane terasa tertawa nyinyir..dalam hati ingin bilang

“Pernahkah anda mencoba menidurkan anak bayi di kala malam menjelang pagi dengan susah payah, dan ketika ia tertidur sebentar..lalu terbangun karena kaget mendengar suara knalpot kemudian menangis dan terus menangis tak mau tidur lagi..mungkin di situlah kesabaran anda sebagai orang tua di uji”

Ya kurang lebih hal itulah yang wrdblog mau sampaikan kepada biker yang masih menggunakan knalpot freeflow baik itu mocil ataupun moge..bukan persoalan seberapa bagus dan mahal knalpot racing yang dipakai, tetapi seberapa besar toleransi polusi suara knalpot anda hingga bisa mengganggu orang” di sekitar.

Salam

 



Copyright 2017 By WRDBLOG. All rights reserved.

Posted September 7, 2017 by wrdblog in category "Sharing

2 COMMENTS :

  1. By cidcidcuid on

    sempet dalam hati ingin memaki-maki, kalau ada orang pakai knalpot bising lewat di dekat saya, tapi inget klo mendoakan yang jelek tidak boleh, semoga mendapat hidayah bagi para pengguna knalpot bising,…. 🙂

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *