Modifikasi Yamaha Lexi : Mulai Nyicil Rombak Tampilan (Part 3)

Modifikasi Yamaha Lexi Part 3

Hiyaaa Ganbro…balik lagi bahas artikel seputar Modifikasi Yamaha Lexi jilid 3, dan sepertinya artikel modif ini pun bakal berlangsung berjilid-jilid alias tanpa di limit..hahahhaa

hasil modifikasi yamaha lexi

Oke lanjut, jadi setelah kemarin modif bagian kaki-kaki, yakni sector Velg dan ban belakang..sekarang waktunya modif tampilan secara minor change aja dulu..Lagi-lagi parts yang ane pilih berdasarkan fungsionalitas serta kebutuhan, jadine lebih di utamakan yang bersifat Bolt On serta PNP.

Ada beberapa parts yang udah lama bahkan dari awal sebelum motor ini di beli udah ane list..Apa aja?? Yukssssssssss

  1. Breket Plat Nopol
  2. Windshield Tinggi Solid black / Smoke
  3. Shockbreker/Suspensi Belakang

Nah untuk ketiga barang ini udah ane order dari beberapa hari lalu, dan sekarang akhirnya tiba juga….nyok kite simak lebih detail aksesorisnya.

  • Breket Plat Nopol

Kenapa parts seperti ini harus ada bagian pertama dari list yang ane mau beli?? Jawabannya sederhana, karena parts ini berhubungan dengan Fungsi dan Estetika. Fungsi paling penting dari breket plat nopol adalah untuk space meletakan TNKB agar terlihat jelas ketika kita sedang berkendara. Nah sebenerya dalam kondisi standar plat nopol Lexi memang sudah di sediakan..tapi sayangnya secara estetika posisinya kurang menyenangkan bahkan terkesan bikin tampilan Lexi di bagian depan jadi lebih katrok.

breket plat nopol lexi

Alhasil dari sisi estetika hal ini jadi kurang sedap di pandang, nah Breket plat nopol ini akhirnya menjawab masalah yang ane ceritakan barusan. Selain Fungsinya yang tetap berjalan, secara estetika breket plat nopol ini membuat tampilan motor di bagian depan area headlights jadi lebih clean dan macho.

Breket plat nopol yang ane boyong ini berbahan plat yang di cetak dengan menggunakan metode CNC laser cutting, jadi dari sisi kualitas maupun finishing sudah di pastikan oke punya. Yang gak kalah penting, breket model CNC ini juga jauh lebih kuat, ringan dan fungsional.

breket plat no polisi lexi

Secara breket plat nopol di pasaran yang beredar kebanyakan masih menggunakan material pipa tubular dengan mode sambungan yang di Las. Sebenernya terlihat lebih macho dan kekar, tapi dari sisi durabilitas banyak isu beredar bahwasanya bagian sambungan/pengeLasan sering di temukan gejala patah/copot..nah jadinya ngeri kan?? So breket Plat Nopol Lexi model CNC ane anggap jauh lebih baik serta oke dari sisi tampilan..setuju??? Untuk urusan bandrol masih cukup terjangkaulah..ane beli online Cuma 120rebu

breket nopol cnc lexi

Owh ya, sebenernya breket plat CNC ini bukan khusus di buat untuk Lexi, melainkan buat sodara tuanya yakni Aerox..jadine pas bagian pemasangan bisa dibilang gak langsung PNP juga, ada rubahan di bagian baut yang dimana kudu ngegunain baut L yang ukurannya lebih panjang. Gak sampai di situ ganbro, karena Fork AEROX lebih lebar, alhasil dudukan pun kudu di paksa mengecil dan menyesuaikan dengan lebar fork lexi. Jadine agak sedikit melengkung di bagian depan. But Overall masih oke lahhhh, no a big problem……..

  • WindShield

Sektor ini juga jadi bagian penting yang harus ane garap ganbro, karena memang bisa dibilang bagian Windshield pada Lexi ini bisa dibilang gak fotogenic jika di lihat dengan angle yang berbeda-beda..terlebih lagi jika di lihat dari sisi depan..kurang greget.

windshield yamaha lexi maxshield

Nah alhasil untuk menyingkirkan aroma katrok di bagian tampang, ane terpaksa harus melengserkan Windshield bawaan dan menggantinya dengan Windshield OEM besutan Sectbill tipe Maxshield, yang akhirnya membuat dimensinya jadi agak membengkak serta memanjang.

Yak, WS OEM yang ane boyong ini mempunyai ukuran panjang 60cm dengan ketebalan mika  di angka 3cm, tingginya selisih 30cm dari ukuran standarnya Lexi ganbro. Ane pilih Windshield dengan tema Smoke, mengapa smoke?? Ya biar keliatan makin guede aja..hehehe,Bandrolnya?? Ane dapet murah di angka 160ribu

maxshield lexi tampak depan

maxshield lexi tampak stang

Setelah pesen, bbrp hari kemudian dateng..dan voilaaaaa langsung unboxing. Karena ane curigaan dengan ukurannya, alhasilnya jadinya ane ukur ulang..dan benar aja, ternyata panjangnya cuma 59cm, selisih 1cm dr klaim si penjual..hahahaha..yasudla langsung pasang, dan ternyata PNP kok..Hanya saja untuk sudut kemiringan spion kudu di revisi ganbro, hal ini demi menghindari WS kepentok saat stang di tekuk tajam..Mudah sajaaaaa

jarak spion dan windshield

  • Shockbreaker Belakang

Yap inilah sector terakhir yang ingin ane rombak pemirsah….di sector ini sebenernya krusial banget, mengingat Sokbreker bukanlah piranti sembarangan yang bisa di gonta ganti, intinya ya harus sesuai kebutuhan dah.

Perlu di ketahui ganbro, setelan suspensi belakang bawaan Lexi ntuh mempunyai karakter Hard, KERAS!!!bahkan bisa ane bilang terkeras di kelasnya. Walau dari sepengalaman ane, setelan sokbreker Yamaha memang bisa dibilang mempunyai tingkat kekerasan yang lebih tinggi di banding para competitor. Sebenernya hal ini bukan tanpa sebab, mengingat engineering Yamaha tentunya gak asal-asalan dalam menentukan karakteristik dan setelan sok melalu beberapa variable dan aspek teknis.

Modifikasi yamaha lexi part 2

Karakter suspense Hard memang banyak di temui pada motorsport, terutama untuk motor berCC gede alias moge, tujuannya ya biar handling lebih stabil dan gak gampang goyang ketika di geber dalam kecepatan tinggi..tapi bagi ane setelan Moge itu juga rata-rata karakteristiknya lebih Stiff alias kaku, bukan berarti harus hard karena kebanyakan moge menggunakan konfigurasi lengan ayun dengan kombinasi monoshock dimana titik tumpuan shock ada di tengah rangka antara Roda penggerak dan mesin, bukan dibagian samping seperti motor konvensional..

Setelah telisik kesana kemarih mengenai kerasnya shock belakang Lexi, akhirnya ane mengambil kesimpulan sebenernya yang salah ya bukan sepenuhnya terletak pada setingan Shock, karena dari testimony kebanyakan user Lexi yang sudah mengganti Sokbrekernya dengan brand Aftermarket seperti YSS,KTC,KYB juga Ohlins..impresinya juga tetap sama,Yakni masih agak keras bantingannya namun gak separah bawaan…

Namun sekalinya ada karakter Shock belakang yang empuk dan cocok untuk Lexi, pilihannya kudu nyomot dari shock matic tetangga..sebut aja Shock Beat karbu atau Nex Karbu..Sayang ketika di aplikasikan untuk Lexi, sang empunya mengaku Handling jadi acak-acakan akibat shock terlalu soft/empuk.

Jadi ya balik lagi, untuk kebutuhan shock belakang memang gak bisa asal empuk juga keras, jadi harus di lihat juga variabel lain seperti bobot pengendara plus penumpang, juga bobot motornya sendiri..Kesimpulannya ganti shock gak bisa seenaknya dah.

Shock vrossi f2

Nah di bagian ini jadinya ane pun ngambil jalan tengah, yang tadinya hunting Shock breker dengan karakter soft, sekarang lebih ke Size Oriented..alias lebih di prioritaskan ke ukuran. Jadi bisa dibilang ane kali ini ingin mengganti Sokbreker Lexi dengan ukuran yang lebih pendek, tujuannya ya biar bisa ngurangin jinjit balet ganbro..hahaha

Shock vrossi f2 1

Maka dengan banyak pilihan dan pertimbangan di pilihlah suspensi belakang buatan pabrikan Lokal besutan pabrikan Velg motor Vrossi. Untuk sok yang ane angkut mempunyai kode Produk Vrossi F2, dimana dari sisi tampilan sebetulnya gak jauh berbeda dari banyak Sokbreker OEM bertabung yang beredar di pasaran. Hanya saja ane memilih brand VRossi karena lebih familiar dan udah beberapa kali pake produknya seperti Velg,Swing Arm juga Ban

Oke setelah semua bahan siap, maka langsung proses pemasangan………….Apakah ada kendala?? dan ternyata Yaaa :p

Untuk pemasangan Breket dan WS gak di temukan hambatan berarti, walaupun gak serta merta PNP..tapi gak terlalu ribet ngakalinnya kalaupun ada yang gak iyeeeh.

Shock vrossi f2 2

Sebenernya ane sendiri udah menduga dari awal, karena menurut penuturan anak Grup Lexi..rata” sok aftermarket memang gak langsung PNP ke Lexi, kcuali sok bawaan dr yamaha sendiri seperti punya Xride,Aerox atau Nmax..Masalah paling nyata yang harus di selesaikan adalah soal dudukan bagian atas Sok OEM yang mempunyai dimensi lebih lebar dari sok bawaan.

sokbreker di gerinda

nah untuk bagian ini solusi paling mudah adalah melakukan tindakan pemapasan hingga mencapai lebar yang di inginkan atau sama dengan kepala sok versi standar. Tindakan pertama yang dilakukan adalah proses Gerinda, bkn Gerindra lho yak… :p

Dari proses Gerinda ini bagian kepala sok di kikis sedikit demi sedikit hingga bisa masuk kedalam dudukan sok di dalam rangka. Harus perlahan, jangan sampai terlalu tipis, karena khawatir materialnya gak kuat dan akhirnya bisa” retak hancur dan pecah..kebayangkan??

tinggi sokbreker lexi standar

Ketika sudah selesai di gerinda, lakukan penghalusan agar terhindar dari bunyi berdecit yang di akibatkan dari gesekan kepala sok dan dudukan sok yang terlalu mepet. Saat semua PR sudah selesai..Lanjut pemasangan…dan hasilnya bisa di lihat sendiri ternyata shocknya 1cm lebih panjang dr standar…….Cukup bagus, walau termasuk Shock lowend namun gak terkesan murah….

suspensi vrossi f2 ala ohlins

Sedikit review Shocknya, karakternya jauh lebih soft dari bawaan..kena jalan semi “keriting” hentakan rebound nya gak separah sok standar, yang ini lebih Smooth..walau lebih panjang 10mm tapi begitu duduk terasa gak tinggi..mirip standar jugaa

suspensi vrossi f2

Fitur klik setelan rebound dan pre’load nya ngefek gak??entah,mungkin cuma pemanissss,secara harganya juga murmer..yang penting mentul-mentul alusnya bisa ngurangin sakit perut..hahaha. Overall ini shock 70% Lebih baik dari shockbreaker bawaan pabrik, wah jadi kegoda naek ke KTC niy kedepanny..kwkwkkw

Dan akhirnya fase modif tahap 3 selesaiiiiiiiiii, Next what???? Stay Tuneeeeeee ganbro,karena masih dalam rangka make up penampilan…

ciaaaaao

Leave a Reply