Modifikasi Yamaha Lexi Menggunakan Velg Yamaha Aerox – (Part 1)

Modifikasi Yamaha Lexi

Well balik lagi ganbro, masih seputar artikel yang ngebahas Yamaha Lexi..ya apa boleh buat karena ini masih berstatus anak baru jadinya ini motor bakal terus ane kulik lagi setiap saat. Nah mumpung PlatNopol blon keluar jadinya ane masih punya waktu buat mempersiapkan si Lexi sebelum masuk ke medan jalan sesungguhnya.

Yamaha Lexi 125 Standar

Sebenernya ada banyak hal yang mau ane lakuin, karena jujur aja isi kepala sendiri sudah penuh dengan waiting list parts apa aja yang pengen di beli..hahaha. Oke kali ini ane bakal melakukan perubahan dan pergantian parts pada Lexi yang di sesuaikan dengan kebutuhan serta fungsionalitas. Hal pertama yang bakal ane rombak adalah…..

Kaki – Kaki

Nah sudah pada tau donk kalau kaki-kaki Yamaha Lexi itu bisa dibilang agak kurus bin kecil, untuk ukuran motor maxi skutik dengan dimensi gambot..maka besaran velg depan belakang dengan kombinasi 1.85 dan 2.5 inch menjadi terlalu kecil. Bagi ane malah jadi kagak enak di lihat ganbro, jujur aja kalau di suruh beropini maka seharusnya kaki-kaki Lexi ini menggunakan ukuran yang sama dengan Yamaha Aerox

aerox 155 gambot

Pada Yamaha Aerox ukuran velg depan belakang menggunakan kombinasi 3 dan 3.5inch, oleh karena itu Aerox jauh lebih terlihat gambot, kekar dan enak di lihat. Ya mungkin bukan tanpa sebab Yamaha menggunakan velg ukuran kecil untuk Lexi, mungkin di karenakan kubikasi mesinnya yang juga tidak sebesar NMAX dan Aerox.

Tetap bagi ane hal ini merupakan suatu PR yang harus di selesaikan, jadine hal pertama yang ane rombak adalah sector kaki-kaki tepatnya bagian Velg

Jadi tepat beberapa hari setelah Yamaha Lexi datang kerumah, ane langsung melakukan hunting Velg Belakang Aerox..pasti bingung kok Cuma Velg belakang sih??? Just info ganbro, sebenarnya jika ingin menggunkan 1 set velg aerox (depan belakang) berikut bisa dengan mudah di aplikasikan ke Lexi.

Tetapi yang jadi masalah, khususnya untuk velg depan dimana harus mengalami modifikasi / ubahan pada bagian segitiga bawah. Nah segitiga Fork bawah ini harus di ganti menggunakan milik Yamaha Aerox dengan ukuran bentang lebih lebar, karena jika maksa pakai bawaannya Lexi maka sudah pasti velg dan ban gak bakal masuk

Jadinya biar lebih aman, ane hanya melakukan pergantian pada velg belakang aja deh..sisanya nyusul setelah update performa tentunya. Karena rasanya kurang klop jika kaki-kaki sudah mengaplikasikan Full Yamaha Aerox, tetapi mesin masih standaran jadine bakal loyo ganbro.

Inboxing velg belakang aerox

Setelah browsing kesana kemari, maka di dapatlah seller yang menjual velg belakang Yamaha Aerox ori dengan kondisi baru, yang paling penting asli pabrikan. Untuk bandrolnya sendiri memang terbilang tinggi ganbro, ane cek via katalog online.

1 pcs Velg belakang Aerox ini di hargai 980 ribu rupiah..Yawdah karena barang juga gak banyak makanya langsung ane order, gak pakai lama velg pun sampai di hari yang sama.

Next tinggal memikirkan Ban apa yang cocok untuk melapis si velg tapak lebar ini. Untuk pemilihan ukuran si karet bundar..jujur ane cukup ribet dan pusing ganbro karena banyak factor yang harus ane pikirkan agar hasilnya optimal.

Jadi ada beberapa pertimbangan pilihan ban berikut dengan plus minusnya ganbro..simak penjabaran singkat di bawah ini

  • Ban Standar (bawaan), IRC SCT 140/70 (dan ban lain dengan Ukuran yang sama). Untuk ukuran ini asli lumayan gede dan ngedonat,tp efeknya kaki” terlihat lebih macho dan sangar layaknya motor sport
  • Ban Mizzle m89 Matic. Dari semua merk ban yang ada Cuma mizzle yang menyediakan ukuran 130/70 khusus untuk motor matic dengan ukuran 14 inch. Karena biasanya uk 130/70 itu hanya ada pada velg 13 inch buat Yamaha Nmax. Jadi bisa dibilang jika menggunakan ban ini maka ukuran jadi turun 1 step dari ukuran standar, saying ane kurang suka sama patern nya.
  • Ban Zeneos ZN62, nah untuk yang satu ini ane emang suka banget baik dari sisi Patern, Kompon dan bentuknya. Secara ane gunain tipe ban ini pada motor Satria FU ane..jadi udah paham betul karakter ban nya seperti apa. Sayangnya zeneos gak bikin ukuran standar untuk velg belakang aerox pilihannya adalah Naik 1 step jadi 150/60 atau turun 2 step 120/70

Dan akhirnya ane memilih…………………………….. ZENEOZ ZN62 120/70-14

Zeneos zn62 120/70 14

Lho kok malah milih turun 2 step alias 2 angka lebih kecil dari ukuran ban belakang aerox standar??? Eits tunggu dulu..tentu ada beberapa pertimbangan dan parameter yang ane pikirkan sebelum benar-benar fix dengan ukuran segini.

  1. Bobot : velg belakang aerox itu berat bersih tanpa ban ada di angka 5-6kg, jadinya kebayangkan jika ane tempelin ukuran ban standar ataupun naek 1 step dari ukuran asilnya? Estimasi bisa 7.5 bahkan 9kg dengan cairan anti bocor. Hal ini tentu aja bakal membuat kinerja mesin Lexi menjadi berat, ingat mesin belum ane oprek masih full standar ganbro..jadinya ya harus di imbangin biar stop n go ga kedodoran
  2. Tinggi : percaya atau tidak alasan selanjutnya ane memilih ukuran 120/70 karena persoalan tinggi motor. Dengan ukuran velg 3.5 inch yang di kawinkan dengan ban 120/70 maka bisa dibilang tinggi ban akan sedikit berkurang. Di karenakan dimensi ban tidak menDonat alias lebih mengotak seperti tampilan Honda New PCX Lokal. Karena sesungguhnya PCX local sendiri menggunakan dimensi ban 120/70 untuk melapis velg 3.5 inch miliknya. Jadinya yasudah klop baik dari sisi bentuk dan tinggi ban gak terlalu gambot tapi melebar dan terasa padat.
  3. Lebih Balance : balance disini adalah ukuran ban depan dan belakang yang tampak serasi. Perlu di ketahui, ukuran ban depan Yamaha Lexi adalah 90/90 dengan tipe ban IRC SS 506F. maka bisa dibilang jika di bandingkan dengan ukuran ban belakang maka ada gap sekitar 3 step dimana gak terlalu jauh ganbro. Hal ini demi menjaga handling stang depan tetap ringan ketika di tekuk tekuk saat kemacetan. Walaupun sebenarnya ane juga udah nyiapin opsi,jika terasa masih gak balance dari sisi tampilan maka ukuran ban depan kudu naek 1 step jadi 100/80 dengan menggunakan tipe yang sama yakni ZN62..tapi masih wacanaaaa

Zeneos zn62 120/70 14 velg aerox

Oke next ane coba bahas lagi ya begitu ban dan velg telah bersatu…

 

CIAOOOOOOOOOOO

Leave a Reply