January 16 2015

Musim Hujan, Jangan Maksain Riding Gan Tanpa Persiapan

Yak musim penghujan udah tiba, tetapi tampaknya musim hujan kali ini gak se ekstrim musim hujan tahun lalu bro. Bisa dibilang intensitasnya termasuk gak begitu sering, namun jika sudah hujan tentu saja ente kudu worry, terlebih lagi jika ente seorang biker pastinya cuaca seperti hujan menjadi kendala yang amat menguras tenaga dan menguji kesabaran. Bukan rahasia lagi jika di ibukota seperti Jakarta pada saat musim penghujan traffic di jalan begitu padet bin macet, terlebih lagi jika musim hujan dateng pastinya di barengi dengan kondisi jalan aspal yang kriting. Kondisi jalan ini di perparah dengan banyaknya lubang-lubang baru yang tercipta secara spontan di akibatkan lapisan aspal memang tak pernah akur dengan yang namanya air hujan, jadi ketika air tergenang dan di berikan tekanan sedemikian rupa dari bobot kendaraan, maka aspal yang baru di lapis pun akan langsung amblas..

macet coy
Habis Hujan, terbitlah macet

Bagaimana cara biker menyikapi hal tersebut? Cukup dengan sabar aj bro, di musim ujan seperti ini gak di sarankan menggeber motor di kecepatan tinggi di genangan air, jangan di paksa riding tanpa persiapan dan kondisi motor yang gak bagus, terlebih lagi jika urusan kaki-kaki di motor sampean minim prawatan & ban yang udah gak “gondrong” lagi, nah hal inilah yang akan membuat ente celaka di jalan. Sikapi dengan baik musim penghujan ini dengan persiapan yang matang,Rain Coat / mantel hujan merupakan salah satu kelengkapan yang tak boleh absen di bagasi ente, jika ente punya sarung sepatu hal tersebut lebih baik lagi broh, dengan begitu jangan sampai ada kejadian ente kudu nyeker karena takut sepatu kesayangan lodoh terkena genang dan cipratan air..weleh Bahaya dan jangan di tiru!

Untuk kondisi fisik sendiri merupakan hal yang tak bisa di abaikan begitu saja, di musim penghujan ini bisa dibilang kegiatan berkendaralah yang paling menguras tenaga, bukan apa-apa karena setelah hujang pasti macet pun datang yang di sebabkan karena genangan air dan banjir. Tak pelak yang namanya motor dan mobil pun berduyun-duyun menyesaki semua rongga jalan yang masih bisa di lalui, bagi pengendara motor batangan / sports di yakini tenaga akan jauh lebih terkuras ketimbang nyemplak motor matic. Maka di sarankan ketika musim hujan tiba anda harus menjaga kondisi tubuh tetap fit, selalu konsumsi makanan yang sehat dan tidak terlalu banyak karena riding dalam kondisi perut kekenyagan juga gak bagus bisa menghambat pergerakan ente ketika macet,jangan lupa minum air putih broh yang banyak karena biker itu identik dengan yang namanya dehidrasi.

Nah yang terakhir dan tak kalah penting adalah kondisi tunggangan ente sendiri, di musim hujan ini yang namanya parts motor akan mengalami siksaan yang maha berat, lebih-lebih dari musim panas dan debu lha. Kandungan asam dalam air hujan itu sangat cepat membuat beberapa parts motor mengalami korosi dan slek, terlebih lagi jika motor ente kerap di geber dalam kondisi hujan lebat..cipratan air akan lebih mudah masuk ke dalam sela-sela mesin dan sambungan baut, dengan begini beberapa bagian siku –siku motor akan terasa lebih rigit, keras dan terkadang stuck. Kondisi rante dan gear sendiri menjadi salah satu yang kudu ente perhatiin bro, minmal setelah berhujan-hujanan sempatkan melumasi bagian siku dan rantai agar tak terjadi stuck dan slek.

Oke keep safety ridiing broh


Tags: ,
Copyright 2017 By WRDBLOG. All rights reserved.

Posted January 16, 2015 by wardiliciouz in category "Sharing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *