August 8 2018

Efek Salah Pilih Plastik Kemasan Yang Bisa Mempengaruhi “Cuan”

Tips Memilih Plastik Kemasan

Plastik Kemasan adalah salah satu jenis packaging yang paling banyak digunakan untuk membungkus atau mengemas produk makanan. Packaging ini juga bisa dikatakan kemasan serbaguna. Selain dapat mengemas berbagai produk makanan ringan, juga bisa digunakan untuk produk bersifat liquid, pasta, hingga cair.

plastik kemasan

Tidak hanya berfungsi sebagai pelindung produk saja, kini kemasan plastik juga sudah menjadi bagian dari strategi marketing. Banyak dari para pelaku usaha yang membuat desain kemasan agar telihat lebih menarik dan menjual di mata para pelanggan. Dan terbukti, produk makanan atau oleh-oleh tradisional yang dikemas lebih modern ini lebih menjual dan mampu meningkatkan penjualan serta pendapatan keuntungan hingga berkali-kali lipat.

Tidak hanya menarik saja, biasa-nya yang menjadi pertimbangan lain dari konsumen adalah keamanan kemasan tersebut. Apakah telah memenuhi standar food-grade atau belum, karena tidak semua jenis kemasan plastik tersebut bisa dipakai atau aman digunakan untuk membungkus makanan. Berikut adalah kriteria kemasan plastik yang aman untuk produk makanan:

Memenuhi Standar dan Memiliki Simbol Food Grade

Inilah hal pertama yang harus ente

perhatikan, lihat apakah kemasan tersebut memiliki tanda atau simbol food grade, yang ditandai simbol garpu untuk makanan dan gelas untuk produk minuman. Dan biasa-nya tercantum pada bagian bawah kemasan plastik. Atau ditandai dengan pencantuman kode daur ulang menggunakan simbol segitiga panah dengan angka di dalam-nya.

Kode angka yang tercantum pada kemasan biasa-nya memuat keterangan material atau bahan yang digunakan dalam pembuatan kemasan tersebut. Dan simbol atau kode angka ini biasa-nya hanya terdapat pada kemasan botol atau wadah saja, tidak berlaku pada kemasan plastik pouch.

efek kemasan

Sehingga ente harus lebih selektif lagi untuk bisa mendapatkan Plastik kemasan pouch yang aman untuk produk makanan. Jenis kemasan plastik pouch yang biasa digunakan untuk pengemasan produk makanan adalah vakum, aluminium foil, transparan dan kombinasi.

Keempat plastik kemasan tersebut memiliki tekstur yang lebih tebal dan kedap udara, dibanding plastik pada umum-nya dan telah memenuhi standar food-grade. Sehingga mampu menjaga kualitas dan mutu produk makanan dalam jangka waktu yang cukup lama. Untuk penjelasan detail-nya simak dibawah ini:

  • Kemasan plastik vakum – atau vacuum ini merupakan packaging khusus untuk membungkus makanan dengan metode hampa udara. Terbuat dari material khusus bertekstur tebal dan elastis, sehingga lebih mudah mengikuti bentuk produk pada saat melalui proses vakum. Jenis plastik ini biasa-nya digunakan untuk mengemas produk makanan ringan, frozen food, hingga lauk pauk dalam keadaan kering atau basah.
  • Aluminium foil – tak kalah bagus-nya dengan plastik vacuum, aluminium foil ini juga dikenal akan kemampuan-nya dalam mempertahankan masa konsumsi sebuah produk. Perbedaan paling mencolok dari jenis plastik ini adalah tekstur-nya yang sedikit lebih kaku, mengkilat, dan biasa-nya berwarna silver.
  • Transparan – sesuai dengan nama-nya, plastik memiliki tektur yang sedikit lebih tipis dari plastik vakum dan transparan. Meski begitu, kemasan ini tetap menawarkan sejumlah keunggulan bagi para pelaku usaha. Selain lebih murah dari kedua plastik sebelum-nya, juga lebih memudahkan pelanggan dalam mengenali produk bisnis ente. Sehingga tidak perlu membaca deskripsi yang tercantum pada kemasan.
  • Kombinasi – bisa dibilang kemasan ini merupakan kemasan terbaik, karena terbuat dari dua meterial berbeda pada kedua sisinya, yaitu aluminium foil dan transaran. Selain aman digunakan untuk berbagai produk makanan, juga akan memudahkan para pelanggan untuk mengenali isi produk-nya, tanpa harus membaca keterangan produk atau membuka kemasan-nya itu sendiri.

Itu dia sejumlah pilihan kemasan plastik pouch yang aman dan biasa digunakan untuk membungkus atau mengemas produk makanan ringan, lauk pauk, dan berbagai olahan makanan lain-nya. Tidak hanya terjangkau, pemilihan jenis kemasan ini juga cukup menguntungkan terutama bagi ente yang menjual produk-nya secara online.

Kemasan plastik pouch ini lebih aman karena bisa menurukan resiko kerusakan produk akibat dari pecah-nya kemasan pada saat proses pengiriman. Dengan begitu, kerugian karena kelalaian pengiriman pun bisa di minimalisir.

Memiliki Nilai Efektifitas

Material kemasan tersebut harus sesuai dengan kebutuhan dan juga sifat dari produk makanan yang akan dikemas. Jika produk yang akan dikemas merupakan makanan ringan seperti kripik, tidak mungkin ente menggunakan plastik vacuum untuk membungkus-nya. Pilihlah kemasan dengan fitur lain yang lebih sesuai, misalkan kemasan zipper full aluminium foil atau kombinasi.

kemasan

Kemasan vacuum sendiri biasa-nya digunakan untuk mengemas produk frozen food dan olahan makanan siap saji. Seperti rendang, bakso, empe-empe, sambal, dan lain sebagai-nya. Dan metode pengemasan vakum ini dipercaya ampuh untuk memperlambat pertumbuhan mikroorganisme pada makanan sehingga tidak mudah basi.

Menjamin Keamanan Produk

Kriteria yang ketiga adalah dapat menjamin kualitas dan mutu produk itu sendiri, sehingga tidak terjadi perubahan rasa maupun tekstur pada saat dimasukan kedalam plastik kemasan. Packaging berkualitas tentu-nya dapat memperpanjang masa konsumsi produk, tanpa harus menambahkan bahan pengawet. Dengan begitu, produk makanan pun menjadi lebih higienis dan sehat.

Itu dia sejumlah kriteria untuk memilih kemasan plastik kemasan makanan berkualitas dan aman. Nah untuk menambah nilai jual produk, Anda bisa sedikit memberikan sentuhan modern atau desain unik agar lebih menarik perhatian pelanggan. Selain itu Anda juga perlu memperhatikan beberapa aspek penting lain, diantara-nya:

  • Mudah dikenali – buat desain produk yang menggambarkan identitas bisnis Anda, buatlah semenarik mungkin sehingga tampil lebih memikat dan berbeda dengan produk sejenis milik kompetitor. Dengan begitu, para pelanggan pun bisa lebih mudah mengenal dan mengingat produk bisnis ente.
  • Sertakan informasi mendetail – jangan lupa juga untuk menyantumkan keterang produk pada kemasan. Informasi yang biasa dicantumkan adalah komposisi bahan, takaran saji, berat (Netto), kode produksi atau masa kadaluarsa. Dengan begitu, pelanggan bisa lebih percaya dan lebih meyakinkan mereka untuk membeli produk ente.
  • Menyertakan izin terkait – agar lebih meyakinkan lagi, mungkin bisa menyantumkan izin dari badan terkait. Untuk memperoleh-nya, ente bisa melalui HKI, PIRT/BPOM, LPPOM Halal MUI, Barcode, dan Nutrition Fact.
  • Mudah dan praktis – hal penting lain-nya dari sebuah kemasan adalah desain kemasan yang mudah dan praktis. Carilah kemasan atau packaging produk yang tidak merepotkan konsumen dalam menggunakan-nya. Contoh kemasan produk yang mudah dibuka, mudah dituang, mudah diambil, dan bisa ditutup kembali. Salah satu kriteria yang masuk kedalam kriteria ini adalah kemasan plastik dengan fitur zipper. Cocok untuk mengemas makanan ringan seperti kripik dan makanan ringan lain-nya.

kemasan plastik

Tidak hanya industri makanan sekala besar saja yang bisa menggunakan material kemasan berkualitas, kini pelaku usaha UKM pun bisa menggunakan plastik yang sama untuk meningkatkan nilai jual dan daya saing produk di pasaran. Terdapat beberapa pilihan jenis kemasan plastik dengan fitur berbeda dah pilihan harga yang variatif. Sehingga bisa disesuaikan dengan skala usaha yang dijalankan.

 

(adv ) – wrdblog


Tags: , ,
Copyright 2018 By WRDBLOG. All rights reserved.

Posted August 8, 2018 by wrdblog in category "Advetorial", "SEO Article

Leave a Reply