February 22 2017

Restorasi Motor “Lanjut Usia” Gak Cuma Soal Modal

Restorasi Motor Lansia

Motor Lansia Alias Lanjut Usia, bisa dibilang motor jenis ini gak bisa di golongkan kedalam motor tua apalagi motor klasik. Tetapi lebih ke artian motor yang udah senior atau diskontiyu oleh pabrikan karena suatu alasan. Yap motor lansia kali ini banyak yang cari lho, hobi dadakan pun bermunculan, apalagi jika bukan merestorasi motor lansia ke sosok aslinya alias full orisinil. Tentunya hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bro, di tengah gempuran produk” baru yang terus bermunculan setiap bulan. Merestorasi motor yang umurnya lebih dari 1 dekade tentu bukan perkara mudah dan murah.

yamaha nouvo z
Ane With NuZbol

Keterbatasan informasi dan kelangkaan stok spare parts yang di buru menjadi alasan paling kuat mengapa gak semua orang mau merestorasi motor lansia menjadi seperti baru. Ane sendiri saat ini lagi senang”nya merestorasi motor matic Yamaha Nouvo Lansiran 2005, apakah motor ini termasuk udah lanjut usia? Mungkin ya, secara motor ini umurnya udah lebih dari 1 dekade dan varian Nouvo sendiri udah di suntik mati sejak 11 tahun silam. Ya alhasil sekarang kudu ekstra hati” pelihara sang kuda besi, sejauh ini hal yang paling mengganggu dalam merestorasi motor lansia adalah soal spare parts. Emang siy klo ngomongin sparepart masih di support sampai sekarang oleh YIMM.

Terlebih lagi common parts Nouvo itu banyak yg PNP sm Mio jadul, Alhasil untuk urusan Restorasi dan maintenance Yamaha Nouvo tidak lah terlalu sulit. Salah satu kendala yang paling kentara dalam menjaga motor lansia macam nouvo ini adalah “penyakit” umur yang satu persatu terus muncul. Memang dalam perjalanannya selama setahun ini udah banyak bagian yang ane ubah,ganti hingga rawat.

Tetapi ya tetap saja yang namanya maintenance dan perbaikan harus tetap berjalan demi kelangsungan “hidup” sang kuda besi. Hal ini pun berlaku dengan restorasi motor Lansia lain yang ane punya, sebut saja Satria FU 150 2006 CBU. FU yang ane punya dari awal pertama beli ini sampai sekarang masih awet di panasin, inget Cuma di panasin lho..Karena ya jujur emang dah jarang banget pake FU semenjak udah ada nouvo.

Perawatan pada SatFU pun gak terlalu banyak di lakukan, palingan Cuma rutin ganti oli sama servis beberapa bulan sekali ke diler. Lantas apakah terhindar dari yang namanya Kerusakan? TIDAK!!!

satria fu rizla

Semakin motor tidak di pakai, maka beberapa masalah pun bermunculan..terakhir kali saat FU 3 bulan lebih gak ngaspal eh malah minta jajan. Permasalahan yang muncul tiba-tiba seperti Oli Shock depan meler kiri kanan,Aki Soak, Klaher roda jebol, hingga kerak yang bermunculan di sekitar kaki” pun kian menjadi.. Maka sudah bisa diTarik kesimpulan yakni lebih baik motor lansia itu di pakai, di gunakan dengan sebagaimana kodrat nya. Toh saat motor tersebut rusak pun kita masih bisa mendeteksi lebih dini parts apa yang kudu di ganti dan di perbaiki.

Well jika brosis berminat untuk merestorasi motor Lansia, motor tua ataupun motor antik…maka hal yang pertama harus di siapkan adalah niat, mental dan keseriusan. Karena sebanyak apapun buget yang ente punya jika passionnya kurang dan restorasi motor berhenti di tengah jalan maka itu motor tersebut gak akan jadi apa. Nah kebetulan temen ane ngalamin dengan motor RGR tuwirnya..hahahha


Tags: , ,
Copyright 2017 By WRDBLOG. All rights reserved.

Posted February 22, 2017 by wrdblog in category "Sharing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *