February 23 2018

Shell Dan Total Ikutan Rilis BBM Murah Oktan 90, Pertamina Santai

Persaingan BBM Murah Ron 90

Well ganbro, persaingan di dunia otomotif kian memanas..gak hanya antar pabrikan aja kini yang bersaing secara terbuka namun juga antar produsen bahan bakar minyak allias BBM Murah yang kian sengit. Seperti yang kita ketahui Bersama dalam segmen BBM untuk kendaraan ada beberapa pemain besar yang turut berkompetisi disini. Ada Pertamina, Shell, Petronas, juga ada Total. Namun sayangnya memang bisa dibilang peta kekuatan relative tidak seimbang. Jika kita lihat market leader dalam persaingan penjualan BBM masih dominan di kuasai oleh Pertamina selaku tuan rumah. Lantas bagaimana dengan yang lain??

bbm murah

Eitss jangan pesimis dulu, ternyata 2 produsen asal luar negeri Shell dan Total yang masih tetap optimis menatap pasar Indonesia yang bisa dibilang gemuk. Gimana gak gemuk lha wong penjualan produk sector kendaraan bermotor terbilang naik dari tahun ke tahun. Maka sudah pasti bisa di tebak angka konsumsi BBM nya pun akan terbilang tinggi.

Nah untuk mengakali peta persaingan yang kian meninggi, PT Total Oil Indonesia pun ikutan merilis BBM Murah sekelas Pertalite dengan RON (bilangan oktan) 90, Yakni Performance 90, dengan Harga per liternya Rp 8.300. secara bandrol memang bisa dibilang  Harganya sedikit lebih mahal dari Pertalite yang hanya di bandrol Rp 7.600 per liter.

bbm murah meriah

Tapi Total sepertinya tidak begitu risau karena mereka mengKlaim Performance 90 juga memiliki aditif khusus. Aditif andalan Total ini merupakan aditif multifungsi generasi baru dengan atribut kebersihan mesin yang unggul untuk semua teknologi mesin dan bahan bakar. Sayangnya tipe Performance 90 ini distribusinya masih cukup terbatas dan hanya tersebar pada 18 titik SPBU Total yang ada di Jabodetabek dan Bandung.

Lantas bagaimana dengan Shell?? Produsen BBM cap kerang ini pun sepertinya gak mau kalah saing dengan para competitor mereka. Sejalan dengan Total, untuk mengakali dan menjangkau daya beli konsumen di level menengah kebawah. Shell telah merilis bahan bakar Regular yang memiliki harga paling murah, Rp 8.400 per liter. BBM ini disiapkan Shell untuk menyaingi BBM beroktan 90 seperti Pertalite dan Total Performance 90.

11-12 dengan Total, BBM tipe Regular ini menurut Shell sudah diformulasikan dengan Teknologi Dynaflex. Bisa dibilang Dynaflex ini adalah zat aditif untuk membantu menjaga mesin tetap bersih dan menghasilkan lapisan pelindung untuk mengurangi gesekan mesin, sehingga membantu efisiensi perjalanan

shell regular 90

Sayangnya, lagi-lagi tidak semua konsumen bisa merasakan BBM murah ala produsen cap kerang kuning tersebut. Karena pada saat ini Shell Regular hanya bisa di peroleh di 11 SPBU di wilayah Jakarta Timur, Tangerang dan Bekasi.

Lokasi SPBU yang tersebar di tiga wilayah tersebut adalah Shell Ahmad Yani (Bekasi), Shell Noer Ali (Bekasi), Shell Jatibening (Bekasi), Shell Grand Wisata (Bekasi), Shell Cut Meutia (Bekasi), Shell Cikokol (Tangerang), Shell Otista (Tangerang), Shell Pondok Cabe (Tangerang), Shell Pemuda-1 (Jakarta Timur), Shell Pemuda-2 (Jakarta Timur) dan Shell Cipinang (Jakarta Timur).

Kompetitor Serba Terbatas, Pertamina Terlalu Kuat

Wah walaupun dari segi persaingan produk “BBM murah meriah” relative sama, namun bisa dibilang lagi-lagi pertamina masih unggul mutlak di beberapa sektor. Paling telak adalah dari sector jaringan pendistribusiannya ganbro. Jika Total Cuma ada 18 SPBU dan Shell ada 11 SPBU yang menawarkan  BBM Ron90, maka pertamina mengklaim mereka mampu menjual BBM kelas Pertalite di lebih dari 5500 SPBU yang tersebar di seluruh Indonesia.

Kesimpulannya : Gak usah omongin Harga, Dari jumlah jaringan SPBU aja dirasa masih sulit menandingi kedigdayaan Pertamina baik Level Nasional ataupun Regional…Soal Harga dan Distribusi jaringan SPBUnya, Pertamina unggul jauh


Tags: , ,
Copyright 2018 By WRDBLOG. All rights reserved.

Posted February 23, 2018 by wrdblog in category "Sharing

Leave a Reply