January 26 2018

Suzuki SkyWave Re’Born – Part 1 : Refresh Performa, Benahi Transmisi

Suzuki SkyWave Re’Born

Yap ganbro, lanjut lagi kali ini ane akan mulai buat artikel perdana mengenai “Suzuki SkyWave Reborn”:D

Setelah beberapa saat puyeng di tempat karena Beres yang di datangi sudah “gulung dealer”..alhasil ane harus mencari Beres alternative lain yang agak proper untuk nanganin si SW ini. Pilihan terakhir hanya ada pada Beres Suzuki Klender / BKT. Jarak yang di tempuh jadi lumayan jauh, tapi yasudahlah karena hari senin ane udah terlanjur izin Cuti jadi mau gak mau harus di selesaikan hari itu juga.

Suzuki Skywave Service CVT

Langsung riding menuju Beres Suzuki BKT, di iringi gerimis ane riding santai melewati jalur Kalimalang yang sedang di  bangun proyek jalan layang non tol. Ane ngambil jalur Sumber Artha via Pondok kelapa, and then ane baru inget setau ane masih ada 1 lagi beres Suzuki dekat daerah pondok kelapa tepatnya dijalan Hj.Naman.

Dan bner aja gak lama kemudian ane ngelwatin itu Beres ganbro, sebenernya gak begitu asing sama ini bengkel karena ane pernah beberapa waktu lalu kesini untuk cari spare part buat FU. Tapi sayangnya parts yang di cari gk ada..kudu inden. Nah dari sini ane berpikir apa gak coba dulu ya Beres Pd.Kelapa?? ane takutnya begitu SW udah di kerjain dan di bongkar, parts yang mau di ganti malah gak ada.

Yasudlah Bismillah aja….Langsung ane masuk dan daftar ke bagian admin..ini dealer + bengkel sebenernya lumayan gede ukurannya..tapi ya seperti biasa ganbro, Beres Suzuki emang seperti gak punya standar layout tersendiri untuk tiap Beres nya. Kesan kumuh dan kotor selalu melekat apabila kita memasuki area bengkel. Untuk bagian dealernya juga gak wah-wah banget..jauh jika di bandingkan dengan competitor..

Sudahlah ane gak terlalu peduli, yang penting motor di handle dengan benar dengan mekanik yang tepat. Kebetulan saat itu emang kondisi lagi sepi, Cuma ada 1 motor aja yang nunggu di service..dan motor ane pun abis daftar langsung di dorong ke dalam. Ane request untuk Service rutin dan Service CVT, karena sedari awal ane udah cukup tahu bawah bagian CVT bakal jajan banyak setelah di bongkar. Dan ternyata benar saja ganbro, seperti SW yang dulu ane punya sector CVT ini kondisinya kurang begitu bagus ya mungkin karena udah kemakan usia pakai juga, secara KM udah menunjukan angka 69rebuan.

Suzuki Skywave Biaya Service

Yawdah karena gak mau ribet jadi ane ganti semua glondongan (cek pic)…untuk pengerjaannya termasuk cepat, dalam waktu sejam semua bongkaran CVT termasuk Karbu udah rapih. Mekaniknya (bang udin) termasuk cukup cekatan karena mengerti bagian” dalam SW secara detail.

Pekerjaan selesai dan tinggal bayar…jika melihat dari total biaya yang di keluarkan bisa dibilang gak sebesar waktu ane nge’Restorasi performa SW terdahulu. Yang penting ati puas, di pakainya juga enak..Secara untuk penggunaan harian, jadi yang gak mau ambil resiko soal performa  dan realibilitinya.

Next tinggal nyicil dikit” untuk ngerapihin tampilan aja..ane juga sempat tanya kepada bagian Spare part..Untuk kelengkapan spare part Skywave sebnernya mereka cukup lengkap, tapi untuk beberapa bagian parts seperti body dan jeroan mesin kebanyakan mereka harus inden 2 minggu. Yowis akhirnya ane lebih memilih hunting body parts di onlineshop aja..biasanya lebih mahal tapi cukup lengkap.

Nah kelar dari service motor, ane langsung destinasi selanjutnya yakni ke tukang Jok motor. Semenjak ane terima ini motor di hari pertama, jajal nyemplak di atas joknya itu kagak enak banget. Jadi jok aslinya itu udah kena papas + tempel matras. Alhasil jok jadi keras kayak batu, buad perjalanan jarak pendek aja rasanya bokonng udah panas ganbro. Jadinya PR selanjutnya mengembalikan jok ke porsi semula.

Suzuki Skywave Tambal Jok

Untuk masalah ini solusinya cuma ada 2, yakni tambal busa atau ganti segelontongan pake busa utuh. Dimana kedua jasa ini mempunyai harga yang berbeda. Akhinya ane memilih opsi kedua yakni mengganti busa si SW secara utuh menggunakan busa motor lain yang cukup tebal. Nah dengan begini rasa empuk pun dengan mudah di dapat karena ketebalan jok otomatis bertambah beberapa sentimeter.

Untuk kulitnya sendiri kudu dan wajib ganti juga ganbro, karena bawaan standar udah gak bisa di gunain lagi, pilihannya sendiri juga sedikit yakni kudu pake Kulit jok dengan hitungan meteran.Alhasil gak bisa pilah pilih merk macem MBTech. Yawislah angkut juga merk biasa dengan hitungan kurang lebih 1.5 meter kain jok yang di gunakan. Total restorasi jok abis sekitar 170rebu

Owh ya, ane juga udah pasang breket box juga lho..bereket ini di desain secara khusus memang untuk suzuki Skywave..alhasil pemasangannya PNP, namun sedikit gak sreg sama sudut kemiringannya karena terbilang cukup nungging. Semakin nungging, maka posisi box pun semakin miring, hal ini jadi membuat kenyamanan boncenger berkurang. Jadinya yasudlah baseplate nya di geser nyaris setengah breket. Apa boleh buat, karena breket buad SW itu gak banyak, jadi sementara di pake aja dulu sampai ada penggantinya.

Breket Box Suzuki Skywave

Last Performa sudah di refresh sedikit abis ini Tinggal Tunggu update penampilan aja ganbro..SW pun siap riding untuk short turing di target selanjutnya 😀

To Be Continue @Suzuki SkyWave Re’Born – Part 2


Tags:
Copyright 2018 By WRDBLOG. All rights reserved.

Posted January 26, 2018 by wrdblog in category "matic", "Sharing

Leave a Reply