January 25 2015

Tingkatkan Performa Satria FU Dengan Metode 3 Pilar Sederhana!

Artikel reposting dari warung sebelumnya broh :

Tingkatkan Performa Satria FU Dengan Metode 3 Pilar

 

Si Bbhex
Si Bbhex

Satria FU sendiri sedari lahir sebenernya udah di bekali sama performa mesin yang bisa dibilang cukup aduhai dari takaran motor bebek standar pada umumnya, ya jelas aja broth 150cc DOHC mesin diri..motor bebek mana yang bejaban? Tapi meskipun begitu ada aja bikers yang masih ngerasa kurang puas dengan performa si bebek sakti ini, why? Alasannya simple, pasti jawabannya mo ngejar siy inilah, si anu lah..hahhaha..                          ! Apa itu 3 pilar?? 3 pilar adalah metode paling mudah untuk menaikan performa Satria FU dengan mengganti 3 bagian penting dengan system boltOn / plug n play parts. Klo bagi sebagian orang 3 pilar itu adalah 3 bagian penting  pada parts yang harus diganti, tetapi kalao bagi ane 3 Pilar sendiri sebenernya jauh lebi advanced pengertiannya broth, karena 3 pilar tersebut lebih condong ke arah  3 sistem penting yang mempengaruhi performa Satria FU itu sendiri, nah system ap sajakah itu? cekidot:

  • ·Sistem Pengabutan,Terdiri atas Karburator,Air Filter,PJ MJ,Intake Manipold,dll
  • · Sistem Pengapian, Terdiri atas CDI, Koil, Busi, Chop Busi,dll
  • · Sistem Pembuangan, Knalpot, Exhaust Pipe,Dll

Lebih njlimet dan banyak kan broth? Jadi gak sembarang ganti 3 parts aja terus fu ente bisa melejit kesetanan kalo di betot, karena jika di dalami lebi jauh pergantian dengan 3 parts dalam 3 sistem itu saja gak begitu signifikan dan berkesinambungan hasilnya,..tentunya harus mendapatkan perhatian lebih lanjut mengenai elemen pelengkap dari ke 3 sistem tadi, contoh simple aja broth, jika ente mengganti CDI standar dengan CDI racing apakah hasilnya akan maksimal? Tentu tidak! Karena CDI racing sendiri mempunyai parts penunjang lain yang harus ente ganti seperti Busi Racing / Iridium dan Koil racing..sehingga yang namanya system pengapian baru bisa dibilang sempurna dengan setingan yang benar tentunya. Oke lebih jauh lagi kita akan bahas mengenai upgrade system 3 Pilar, apa sajakah itu stepnya?

  • Sistem Pengapian:

Nah bagian yang paling penting dari 3 pilar disini bagi ane adalah system pengapian, karena jika kita langsung merubah system pengabutan dan system pembuangan tanpa adanya rubahan di system pengapian, hal tersebut menjadi “Kentang” adanya! Buad membuat system pengapian bekerja sempurna, tentunya ente perlu merubah parts CDI standar ke tipe CDI Unlimit / Racing, hal ini bertujuan agar nafas si FU menjadi jauh lebih panjang dari biasanya, dan jarum RPM pun bisa dengan mudah melenggang melewati RedLine terlarang. CDI Racing sendiri ada beberapa jenis, ada yang Unlimit Standar dan Optional, jika yang standar tidak perlu melakukan customisasi apa-apa broh..tinggal pasang langsung jreeeng..nah khusus yang optional, ente kudu menyeting Maping pengapian yang tepat menurut karakteristik mesin ente, tentunya parts penunjang lain seperti Koil Racing dan Busi Racing wajib ente ganti juga biar hasil yang di dapat lebih juozzzz! Berikut Beberapa Parts Pengapian yang bisa ente coba:

  1. CDI : BRT,Shindengen,Rextor,Cheetah,Predator,XP,Dll
  2. Koil : YZ,TDR,RX,Blue Thunder,XP,RM,Dll
  3. Busi : Denso Iridium, NGK iridium, SpeedFire,TDR,dll
CDI Racing Satria FU
CDI Racing Satria FU

*Sesuaikan dengan setingan pengapian / Maping pada CDI

  • Sistem Pengabutan:

Nah pada system yang satu ini juga merupakan langkah penting buat ngedongkrak kitiran napas si Satria FU, tentunya setelah perubahan di system pengapian..sistem pengabutan juga perlu di benahi, tujuannya siy agar tenaga yang terkail dari putaran bawah hingga putaran atas / RPM RedLine bisa dengan mudah di capai! Nah jika di motor injeksi kita mengenal yang namanya Injektor, di motor biasa kita mengenal yang namanya Karburator! Fungsi karburator sendiri adalah sebagai salah satu ruang “memasak” antara udara dan bensin. Tentunya untuk memasak makanan yang enak kita butuh dapur yang bisa menunjang kegiatan masak memasak itu sendiri donk, nah pada system pengabutan Standar satria FU, jenis karburator yang di gunakan masih mengadopsi tipe Vakum dengan ukuran 26mm, ukuran segitu dengan metode vakum sebenarnya sudah cukup mumpuni untuk keperluan riding sehari-hari, tetapi sayangnya untuk urusan masak memasak udara dan bensin masih sangat kurang broh.

Keihin 28 paling di cari
Keihin 28 paling di cari

Solusinya ente harus mengganti karburator tersebut dengan tipe Jarum / PE dengan ukuran venture di atas 26mm, tujuannya agar mekanisme pengabutan pada karburator menjadi 2x lebih cepat dan kaya akan udara! Kelar mengganti karburator dengan tipe tersebut, ente juga harus bisa menyeting ulang ukuran PJ dan MJ dengan porsi yang pas, disinilah seninya broth jika menggunakan motor karburator :D. Kelar mendapatkan ukuran PJ dan MJ yang pas dan manipold juga harus lebih alus dan landai, ente juga tak lupa harus mengganti Air Filter / Saringan udara dengan yang lebih baik.

  1. Penggantian di system pengabutan sendiri meliputi parts seperti berikut :
  2. Karburator : Keihin, Mikuni, TDR, Koso,Sudco,PWK,Dll..ukuran bisa dicoba mulai dari 28mm – 32mm untuk kebutuhan harian, lebih dari ukuran tersebut motor akan terasa boros dan cepat panas
  3. Air Filter : TDR,Ferrox,K&N,dll
  • Sistem Pembuangan  

Nah inilah fase terakhir dari system 3 pilar yang harus ente ganti pada motor satria fu, Knalpot sendiri perananya sebagai saluran gas buang yang ada pada mesin motor kita broh..jika saluranya kecil..jangan harap ente bakal mendapatkan tendangan balik tenaga yang besar dari system Exhaust tersebut! Knalpot aftermarket yang di jual di pasaran pun beraneka ragam, mulai dari yang jenisnya FreeFlow, Semi Flow, Hingga silent series. Tentunya buad menunjang feedback gas buang yang besar, ente membutuhkan knalpot dengan tipe FreeFlow berkualitas baik pula.

DBS paling populer
DBS paling populer
  1. Knalpot Freeflow yang bisa ente coba : DBS Series, R9, WRX,RX8,Lone Rider,TDR,
  2. Semi Freeflow : Standar Bobokan,Knalpot Custom & Pipa Racing Tsukigi / PitsBike, Nobi Silent Series

Oke ane rasa itu aja yang mau share mengenai 3 pilar penting pada Satria FU, jika anda dari bro-bro yang ingin menambahkan, monggo..kita diskusi dan share ilmu mengenai cara Tingkatkan Performa Satria FU Dengan Metode 3 Pilar disini, semoga bisa menjadi lebih berguna buad para pembaca


Tags: , ,
Copyright 2017 By WRDBLOG. All rights reserved.

Posted January 25, 2015 by wardiliciouz in category "Moped", "Sharing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *