April 2 2016

Yamaha Nouvo Z : Pahit Di Awal Namun Manis Di Akhir

Brojol di tahun 2005 (Yamaha Nouvo Z) bisa dibilang motor ini Lahir dalam kondisi prematur, kondisi dimana motor matic masih belum di terima secara penuh kehadirannya. Nouvo Z sendiri hadir di karenakan “kejamnya” respon negative pada Nouvo Lele di awal kemunculannya, gimana gak? Wong di tahun 2003-2007 motor matic Yamaha itu gak ada tajinya. Sebenarnya langkah yang di lakukan oleh Yimm saat itu terbilang natural, penjualan nouvo lele bisa dibilang biasa saja bahkan cenderung gak bagus, lantas mereka putar otak mengupdate Nouvo Lele setahun kemudian dengan embel” Sporty yang dimana mengalami perubahan kaki-kaki dari yang tadinya menggunakan Spoke Whell menjadi Casting Whell (velg Racing)..barulah di tahun 2005 Nouvo Z brojol. Karena di seri Z inilah Nouvo berevolusi bentuk menjadi lebih Kekar padat berisi dan lebih Futuristik pada masanya, bahkan di tahun 2006 seri Nouvo Z di sempurnakan dengan menyematkan system AIS (Choke Otomatis). Meskipun saat itu kehadirannya memang terbilang telat, dikarenakan lifetime Nouvo Z sendiri hanya di setel 2 tahun, setelahnya YIMM sudah memikirkan sang suksesor yang terbilang fenomenal saat itu Yamaha MIO

yamaha nouvo z
Ane With NuZbol

Selang 11 Tahun dari masa kemunculannya, tampilan Nouvo Z pada saat ini bisa dibilang masih sangat di terima oleh masyarakat pada umumnya. Terlebih lagi mereka yang mengerti akan motor bagus, sudah barang tentu akan setuju apabila Nouvo Z mempunyai desain dengan sudut mengotak yang Long Lasting.  Nah karena alesan itulah ane sampe bela”in boyong Nouvo Z kerumah ganbro, desain yang masih terlihat apik ini gak kalah ganteng jika di sandingin sama motor” tahun muda. Terlebih lagi 4 tahun belakangan pamor motor matic memang sedang tinggi, alhasil motor Nouvo jadi salah satu motor incaran para penggila matic, di karenakan nilai historisnya yang terbilang unik, Ibaratnya Pahit di awal namun Manis di akhir.

Nouvo Z
Nouvo Z

Untuk urusan harga jual sendiri bisa dibilang motor Nouvo mengalami koreksi harga yang amat tinggi, jika dahulu harga bekasnya nyaris jeblok, maka beda dengan sekarang. Harga Nouvo Lele di pasaran masih di bandrol 5-6juta untuk lansiran 2003, sedangkan Lele sporty berada di angka 7-8juta. Lantas bagaimana dengan Z series? Lebih tinggi lagi ganbro, untuk yang termurah bisa di temui pada angka 7jutaan dan yang paling mahal bisa menyentuh angka belasan juta. Tentunya semua itu sangat tergantung pada kondisi si motor dan dokumen kelengkapan yang dimiliki, dalam keadaan standard tanpa PR dan surat” lengkap, nominal angka di atas sudah pasti paling banyak di temui.

Nouvo ane sebelom di modif
Nouvo ane sebelom di modif Stang

Lantas bagaimana dengan ketersedian suku cadang? Khawatir ini motor gak bakal di support lagi sama YIMM, secara untuk usia motor yang di atas 10 tahun bisa jamin pabrikan ogah support spare partsnya lagi. Buang jauh” pikiran itu ganbro, jika memang sudah niat mau ngeboyong niy motor..buat urusan spare part mah selalu ada jalan. Malah yang bikin ane sedikit bingung, spare part nouvo ini jauh lebih mudah di temui ketimnbang spare partnya Suzy FU ane. Gak percaya? Silahkan gabung aja di fanpagenya Yamaha nouvo, bakal banyak ratusan parts orisinil dengan status new di tawarkan. Terlebih lagi parts nouvo ini kode nya gak jauh” dengan spare part mio lama (old/Smile/Sporty), untuk urusan aksesorinya sendiri tergolong banyak bin Mahal..hahahha

Sekarang apalagi yang jadi halangan untuk memboyong motor ini kerumah? Jikalau ada hanya masalah kondisi, perlu di maklumi untuk usia motor di atas 5 tahun bisa dibilang kondisinya gak bakal perfect lagi. Terlebih lagi untuk urusan performa, pasti rasanya kacau! Apalagi jika sang owner gak apik melakukan perawatan berkala. Percaya atau tidak minimal ente perlu mengganti parts” penting seperti di bagian CVT hingga jeroan dapur pacunya. Nah untuk yang satu ini memang bakal merogoh kocek lebih sadis ganbro.

nouvo sama anak

Last, memiliki motor tua/jadul/jarang yang punya memang jadi kelebihan tersendiri..jika memang pasionnya suka sama motor” anti mainstream, ya bole lha pinang satu ke garasi rumah. Tapi jadikan ini barang sebagai hobi sampingan aja, mengingat masa” emasnya niy motor gak pernah ada jadinya sekarang tinggal di nikmatin aja rasanya riding santai dengan motor yang gak setiap detik wara wiri di jalanan.

Its Fun


Tags: , ,
Copyright 2017 By WRDBLOG. All rights reserved.

Posted April 2, 2016 by wrdblog in category "matic", "Sharing

2 COMMENTS :

  1. By iqbal on

    Modif bagian depan nouvonya dmn tuh om? Ganteng om. Jd pgn ikutan hehe

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *