January 30 2016

Yamaha Nouvo Z : Pemain Pengganti Yang Sepadan!

Well sambung lagi dari artikel sebelonya ganbro,setelah ati udah mantap memilih yamaha nouvo z sebagai “Pemain Pengganti” sang satria FU, maka hal pertama yang di lakukan adalah saatnya hunting!!! Perlu seminggu buad hunting niy barang, di karenakan emang lumayan susah nyari Nouvo Z yang cocok di buget dengan kondisi yang di dapat. Setelah berjalan seminggu lebih mencari-cari niy barang, akhirnya dapet juga dari salah satu website online di internet. Coba kontek langsung orangnya, kebetulan si penjual sendiri berasal dari domisili yang sama yakni daerah Jakarta timur, dan yang lebih asiknya lagi lokasinya gak jauh dari rumah. Langsung meluncur ke TKP dan liat barangnya ganbro, ternyata cukup bagus dari sisi fisik karena niy motor yang pake bekas alay’ gtu keknya di karenakan modif kaki’nya Thailook.

 

nouvo standar 2
Nouvo ane sebelom di modif Stang

Ok gk masalah yang penting bagian lain seperti surat” dan mesin di rasa gk ada masalah. Selesai bernegosiasi dan mendapatkan deal yang cocok soal harga, langsung bayar dan angkut bawa pulang

Keesokan harinya barulah di mulai mengeksplor setiap sisi sang NuZet, wajar saja karena ane cod pada malam hari jadi untuk bagian fisik kurang bisa terekspos detail. Setelah menteliti bagian ke bagian maka di dapatlah kesimpulan parts apa aja yang harus di ganti, di perbaiki, dan di modifikasi. Oke langsung ane buat listnya saat itu juga. Beberapa list pekerjaan seperti Service Ringan,Ganti Oli mesin, Oli gardan, Service CVT wajib di lakukan mengingat motor ini dah berusia cukup uzur yakni 10 tahun. Langsung melenggang ke beres terdekat. Setelah cek sana sini di dapatilah beberapa parts yang harus di ganti. Bagian terberat dan cukup menguras kantong adalah sisi CVT, ada beberapa bagian yang wajib di lengserkan seperti Kopling ganda, mangkok kopling, Pulley,Roller,Belt,dll. Pokoknya cukup banyak lha..

Selesai melakukan service secara keseluruhan saatnya merombak hal yang paling menyita waktu, yakni merubah kaki-kaki. FYI aj gan bro, motor yang ane dapet dari awal udah di rubah ke jari-jari dan ban cacing, maka bisa dibilang handling dari niy motor melorot drastis en gak enak di pakenya, PR banget dah yang punya. Oke hal pertama yang harus ane lakuin adalah mempensiunkan dini velg jari-jarinya, bisa dibilang niy velg jari’ masih terlihat kinyis, tapi ya apa boleh buat untuk urusan safety gk bole maen-maen. Nouvo sendiri mempunyai ukuran kaki-kaki yang mirip seperti Suzuki Skywave, yak velg ukuran 16 inilah yang jadi masalahnya. Karena velg standarnya gak ada, mau cari bekasnya pun cukup sulit..sekalinya ada harganya gak maen”…alhasil cari alternative lain deh.

velg axio nouvo

Segera meluncur ke otista, harapan ane bakal nemu velg Oem 16inch dengan mudah..eh ternyata susah tenan ganbro..gk ada merk velg aftermarket ukuran 16 inch yang di jual dsn. Karena sudah kadung capek yasudahlah pilih velg lain yang lebih mudah di dapat, apalagi pilihannya jika bukan velg ukuran 14, untuk velg ukuran ini mah melimpah ruah, jadi pilihannya banyak dengan variasi ukuran pula..Oke jadi gk pusing-pusing buat kakinya lagi. Setelah melihat-lihat akhirnya tertarik juga sama velg Axio palang, model sekilas sangat mirip jari” atau velg klasik..yang asiknya tapak cukup lebar lha yakni kombinasi 1.8 dengan 2.15..karena memang bisa dibilang space velg nouvo sendiri mentok di 2.15 untuk belakang, jika di paksakan bakal mentok sama Shockbreaker. Yawd angkut dehg tuh velg berikut sama ban juga, untuk ban pun pilihannya terbatas, bukan terbatas karena merk tapi lagi-lagi karena ukuran. Space belakang nouvo hanya sanggup menampung lebar ban gak lebih dari angka depan 80..hufffttt..yasudah lah akhrinya kombinasi 80/80 dan 80/90 jadi pilihan.

Selesai urusan kaki kaki dan sector transmisi, saatnya beralih ke bagian lain…bagian ini merupakan bagian yang udah dari dulu pengen ane rubah kalao punya motor matic. Yup bagian stang merupakan salah satu bagian yang bakal ane rubah secara menyeluruh. Untuk bagian stang ini cukup banyak yang ane rubah, beberapa parts yang ane ganti full standar mililknya Fino. Setelah merubah total sector kemudi lanjut ke sector penampilan, tinggal tambah pemanis aja berupa visor/windshield ninja 250 karbu…alhasil tampilan jadi berubah total layaknya maxi scooter seperti Nmax/burgman..yang lebih ajibnya lagi posisi stang jadi jauh lebih tinggi dari standarnya. Pokoknya lebih mirip nyemplak motor laki ketimbang metik..hahahah

Wah pokoknya sementara puas bener dah ngotak ngatik niy motor, yang jelas di bawanya gak kalah keren,why? Karena populasinya di jalan sedikit gan bro…untuk lebih detailnya jenis rubahan apa aja yang udah ane kerjain bakal ane jembreng di postingan selanjutnya..Untuk sementara segini dulu deh, karena niy motor masih sembari berobat jalan..hehehe

IMG_2953


Tags:
Copyright 2017 By WRDBLOG. All rights reserved.

Posted January 30, 2016 by wrdblog in category "matic", "Sharing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *