April 1 2017

Jangan Pernah Melupakan Satria FU, SIS

Nasib Satria FU

Well Suzuki Satria FU merupakan salah satu varian dari motor Suzuki yang telah eksis selama kurang lebih 13 tahun. Semenjak kemunculan pertamanya di tahun 2004, praktis hingga saat ini Satria FU telah menjadi tulang punggung yang bisa dibilang memikul beban berat selama bertahun-tahun. Gimana gak berat ganbro, secara hampir seluruh penjualan motor Suzuki sangat bergantung pada varian Satria FU

Penjualan Satria FU memang bisa dibilang sangat stabil setiap tahun, bisa di bayangkan ganbro..hanya dengan berjualan FU selama lebih dari 1 dekade, SIS masih sanggup bertahan hidup dengan MS seadanya.

Satria FU Injeksi

Namun kini semenjak kehadiran Sonic 150 dan MXKing 150, sinar Satria FU seolah meredup secara perlahan. Seri Satria FU terbaru (FU Injeksi) yang diawal tampil mengejutkan, tampaknya kini sudah menemui titik jenuhnya. Satria FU FI bisa dibilang udah gak bisa bicara banyak di market share roda dua tanah air, jika dahulu kala penjualan 15-20 ribu unit perbulan terasa mudah di raih,kini untuk mencapai angka 6 ribu unit udah bagus dan 10 ribuan unit aja udah terasa ngos-ngosan.

penjualan satria fu fi 2016

Penyebabnya sendiri ya sederhana…Produk Kompetitor yang di tawarkan lebih Fresh dan branded serta faktor terpecahnya minat calon pembeli di  kelas motor berkubikasi 150cc. Ingat di kelas ini sangat banyak varian motor yang di tawarkan, mulai dari tipe Sport,Matic, dan Naked Bike.

Sejak dulu Suzuki terlalu pede dengan penjualan Satria FU yang subur dan tak tersentuh. Wajar saja karena dari dulu Satria FU melenggang sendirian tanpa perlawanan. Sekarang ketika competitor sudah mengeluarkan tandingannya, barulah Suzuki menyadari bahwasanya mereka telat melakukan langkah preventif untuk membendung serangan dari lawan efeknya? Market Share pun di hajar habis tanpa ampun dari kompetitor.

Makin kesini Satria FU terlihat semakin kehilangan taji, image kencang kencang dan kencang seolah udah jadi sesuatu yang gak menjual lagi, jika selisihnya sekian 1-2 detik dengan perbedaan top speed 2-5 kpj..apa efeknya untuk penggunaan normal??

Pasalnya Kini hampir semua pabrikan bisa membuat motor kencang, gak hanya kencang lho dari sisi desain dan fitur juga bisa dibilang cukup ok. Honda adalah Penguasa dan Yamaha adalah penantang, jika kedua pabrikan ini sudah membuat motor yang bisa masuk kedalam selera konsumen, maka status Suzuki hanya jadi pelengkap. Ingat lho untuk mengembalikan trust dari konsumen itu sulit, terlebih lagi ketika mereka sudah sakit hati akan produk yang mereka beli..secara otomatis brand yang menaungi produk tersebut pun akan ikutan di blacklist.

penyebab suzuki

Nah Suzuki tampaknya saat ini sedang dalam posisi gamang untuk mem’booster penjualan satria FU di angka yang semestinya. Di tambah lagi sepertinya FU gak masuk dalam program jangka pendek di tahun ini ganbro. Karena seperti yang kita tahu SIS saat ini sedang fokus untuk bangkit, salah satu cara yang di lakukan adalah dengan mem’push penjualan GSX 150 Series agar sesuai dengan target yang di inginkan.

Ingat bahwasanya di tahun ini ada 8 produk baru yang akan di launching, 2 produk sudah sekarang tinggal sisa 6 lagi. SIS tentunya ingin total fokus untuk pengembangan produk anyar yang akan di perkenalkan secara marathon hingga akhir tahun.

Nah indikasinya jadi semakin jelas, kalau FU di tahun ini gak bakal mengalami perubahan apapun baik Minor ataupun Major Facelift. Karena memang infonya sangat abu-abu, jadi memang realistis jika SIS sepertinya tidak memasukan SatFU dalam rencana jangka pendek revitalisasi produk mereka untuk tahun 2017. So buat yang pengen melihat SatFU FI dengan perubahan anyar.. mungkin kudu bersabar lagi, karena memang SIS sendiri gak menjanjikan sesuatu yang baru dalam waktu dekat.

bebexbiroe nangkring

Ya semoga saja ada sedikit harapan untuk Sat FU FI ikutan bangkit, yang jelas jangan pernah lupakan Satria FU SIS!


Tags:
Copyright 2017 By WRDBLOG. All rights reserved.

Posted April 1, 2017 by wrdblog in category "Moped", "Sharing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *