Modifikasi Stang Yamaha Lexi Ala Naked Bike, Bye Cover Stang Katro

Modifikasi Stang Lexi

Allrite ganbroooo sekalian, pada artikel kali ini ane mau coba sedikit share mengenai modifikasi stang Yamaha lexi naked ala” streetbike..ya PCX wanabe lah..kwkwkkw

modifikasi stang lexi (10)

Dari dulu sebnernya ane emang kurang sreg sama cover stangnya Lexi, terkesan bentuknya katrok..kurang berkelas kaya kakaknya (Nmax/Xmax). Wajar sih namanya juga maxiskutik lowbuget, nah mau gak mau dari sisi ini harus ane mod dikid biar kliatan keren.

Sebenernya modifikasi ini udah banyak beredar dan di aplikasikan oleh bbrp user Lexi di dunia maya. Sayang gak banyak info yang di dapat seputar tutorial cara mod nya, akhirnya mau gak mau ane kudu puter otak sedikit nyari cara biar modnya tetep sesuai estetika dan fungsional serta safety.

Nah untuk mod stang jadi naked ala street bike pada motor matic, sebnernya ane udah punya pengalaman sedikit sewaktu nge’mod stangnya nuvo z. Pastinya gak beda jauh lah ubahannya, secara masih dalam 1 brand yang sama yakni Yamaha.

Setelah bbrp kali ane cek, struktur stang Yamaha Lexi mirip seperti skutik konvensional pada umumnya, dimana stang langsung tersambung pada bagian segitiga. Hal ini tentu berbeda dengan Yamaha Nmax, fino dan Xride, dimana menggunakan adapter/dudukan (pangkon) kemudian di hub dengan risser untuk mnjepit setang.

Nah cara paling gampang makanya hanya dengan mengubah dudukan stang menggunakan pangkon NMAX, Fino atau Xride. Tentunya gak semuanya langsung PNP, harus ada ubahan yang di lakukan. Jika dahulu pada Nuvo ane gunain bawaan Fino yang di modif sedikit, nah pada mod kali ini ane akan coba menggunakan pangkon nya Nmax, mengapa??oke nanti ane jelasin ya…

Persiapan

Nah sebelum memulai mod, ada beberapa hal yang harus di persiapkan ketika akan memulai. Hal paling dasar yang harus di siapin adalah Bahan. Apa aja??simak gaess..

  • Pangkon NMAX

Pangkon NMAX Ori cukup banyak di jual di toko baik online ataupun variasi, harganya mulai dari 99rb-130rb. Ane sendiri dapet di 99rb,Cuma pangkon tok, gk ada baut bla bla bla. Penggunaan pangkon Nmax sbenarnya bukan tanpa sebab, pangkon Nmax ini sangat fleksibel jika di bandingkan dengan pangkon Fino/Xride. Fleksibel disini dalam artian bisa menggunakan banyak variasi stang, seperti tipe baplang (streetbike),fatbar (cross) atau ingin bergaya ala” racing seperti stang jepit motor balap? Tinggal beli dudukannya 1 set. So karena itu alasannya ane lebih milih pangkon Nmax ketimbang Fino dan Xride.

modifikasi stang lexi (13)

  • Dudukan Stang/Riser Variasi

Untuk dudukan stang ini banyak banget merk aftermarket yang bisa di pilih. Ada RCB,FastBike,KTC,Virus,dll. Nah kali ini ane pilih brand Virus, why??yg ane liat sih akses utk jalur kabel”nya lebih banyak. Jadi lebih gampang ngurut wiring agar lebih ngumpet. Untuk harganya sndiri range 425-550rb. Namun setelah barang smp dan ane cek, ternyata diameter raisernya ini gede, mgkin lebih PNP kalau pakai stang fatbar. Kalau pakai stang standar, ya jadinya loss bin kendor..PR banget harus beli raiser variasi lagi buat dapetin plat bosh stang nya 🙁

modifikasi stang lexi (11)

  • Stang

Opsi untuk parts yang ini juga banyak, ente bebas gunain jenis apa aja ASAL..ente itung” panjang wiring saklar dan Rem depan belakang..cukup ap gak??

Nah jadi sebenernya untuk stang ane 2x beli, yg pertama ane beli stang variasi Two Tone untuk vixion, ane milih ini karena pada stang udah terdapat lubang untuk dudukan saklar..sygny begitu barangnya dateng pas ane cek ternyata tinggi stangnya ngelebihin bawaan standar..feeln udah gk enak nih,pst bakal gak cukup. Nah selanjutnya akhirnya ane beli lagi stang, masih dr keluarga Yamaha juga..stang yg kedua ini ane pilih dari motor Yamaha Fino Karbu, jujur ini stang gk ada tingginya sama sekali  Cuma lekukan nya aja yg mnurut ane cocok untuk di posisiin sm kabel gas.

modifikasi stang lexi (12)

  • Kabel” (serabut tebal) – fungsiny untuk sambung kabel” saklar, percaya dah krn ane paling benci ngeliat soket kabel berhamburan di area stang.

Proses Pengerjaan

Nah langkah pertama dalam pengerjaan modifikasi stang ini adalah ngebongkar stang asli bawaan lexi. Nah pada bagian ini lumayan ngerepotin, bongkar terlebih dahulu beberapa bagian body. Hingga leher stangnya terlihat, baru deh bongkar dan pisahin dari as segitiga.

modifikasi stang lexi (9)

Nah setelahnya ane bakal lakuin pemotongan, tepatnya di bagian leher stang. Jadi pada tahap ini stang leher lexi di potong, kemudian pangkon Nmax juga di potong bagian atasnya, sisakan sedikit bagian leher yang sudah di ukur tingginya. Setelah kedua bagian stang sudah di potong, saatnya proses penyambungan leher stang lexi dengan pangkon Nmax menggunakan metode pengelasan

modifikasi stang lexi (1)

Pada proses pengelasan ini, pastikan Leher stang dan pangkon berada dalam posisi yang tegak lurus serta center, jangan sampai miring..karena bakal mempengaruhi layout pemasangan dudukan stang nantinya. Selesai proses pengelasan cek lagi hasilnya, pastikan kuat dan kokoh..lalu haluskan permukaan yang telah di las. Untuk finishing tinggal di pilok hitam aja, hal ini untuk memastikan hasil pengelasan sambungan aman dari karat dan air hujan untuk kedepannya.

modifikasi stang lexi (6)

modifikasi stang lexi (5)

modifikasi stang lexi (7)

Nah sampai sini sudah selesai, sekarang tinggal fiting leher modifan ini ke as segitiga lexi. Jika semua sudah sesuai dan pas, sekarang pasang dudukan raiser variasi. Memasang stang bgini sebenarnya bukan tanpa kendala, masalah yang paling sering di temui adalah saat posisi stang sudah terpasang yakni kabel pada soket dan saklar menjadi berantakan alias kurang rapih. Jika sisa kabel masih panjang sih enak, tinggal selipin aja bagian soket”nya kedalam body..Yang repot itu jika kabel” saklar kurang panjang.

Nah akhirnya untuk sector stang ane jadinya lebih milih gunain stang Fino, karena bner aja setelah fiting stang dilalah master rem depan dan handle rem belakang kabelnya gak cukup panjang. Kelar stang kepasang,posisi Master Rem, Thortle gas dan saklar kiri kanan oke gk ada masalah..maka masuk ke tahap wiring.

modifikasi stang lexi (4)

Asli Wiringnya nya banyak banget,karena memang saklar Lexi bnyk tombol. Ane gunain metode putus sambung via Solder. Sekarang tinggal urut wiringnya aja agar lebih rapih dan ngumpet. Jika sudah semua, sekarang cek sudut belokan dari stang..Apakah ada kendala kabel yang kejepit,ketarik atau malah mampet..usahain semuanya fleksibel karena di area stang adalah tempat yang paling sering bergerak serta bergesekan

Nah selesai deh….gimana hasilnya??,ane sih sbenernya masih kurang sreg sm stangnya aja..untuk kedepannya bisa di pastikan ane bakal ganti stang lagi…secara, selain posisinya ini lebih rendah..konsekuensi yang di dapat adalah ketika stang di puntir smp habis maka kabel gas jadi mepet sm body trus handle rem kiri juga mepet sm speedo dan terparahnya Windshiel Sect Bill 60cm ini malah gk bisa kepasang karena mentok sm handle rem,hahahaha

modifikasi stang lexi (2)

modifikasi stang lexi (3)

Hal lain yang bikin ane sedikit ganjel ganbro, ternyata stang Fino yg ane beli malah cacat pabrikan, ini stang lekukan kiri sm kanannya gak center..alhasil tangan kiri jadi lebih nekuk kebawah ketimbang yg kanan. Yawudah paling ini aja kedepannya yang bakal di revisi..hunting stang dulu daaaaaah

tunggu updatenya gaes..Ciaooooooooo

Leave a Reply